Potensi Susu Sapi Perah di Jatim


JAKARTA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendatangkan 500 sapi betina bunting berumur empat sampai enam bulan dari Australia. Impor ini dilakukan untuk terus memacu produksi susu di provinsi yang dikenal sebagai produsen susu tertinggi di Indonesia ini.”Potensi pasar susu ini utamanya untuk memasok industri pengolah susu,” ujar Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Tadjuddin Nur Kadir, kepada Republika, Selasa (2/2).

Saat ini, dari 212 ribu populasi sapi perah di Jawa Timur, produksi susu yang dihasilkan baru mencapai 2.450 ton susu per hari. Sebanyak 950 ton susu digunakan untuk kebutuhan masyarakat Jawa Timur, sedangkan 1.600 ton lainnya dipasok kepada industri pengolah susu.Tadjuddin mengatakan, kebutuhan susu untuk masyarakat Jawa Timur dan industri pengolah susu sebesar 3.000 ton per hari. Artinya, saat ini masih ada kekurangan produksi susu mencapai 650 ton per hari.

Usaha sapi perah di Jatim masih dikuasai oleh usaha sapi perah rakyat. Perbandingan antara usaha sapi perah rakyat dan usaha sapi perah perusahaan adalah 94,5 persen berbanding 5,43 persen.”Padahal kontribusi susu sapi segar Jatim untuk kebutuhan susu nasional mencapai 61,65 persen,”Ucap Tadjuddin. eh ismail, ed yeyen ros.sumber: Republika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s